Rabu, 11 Oktober 2017

Local Guides on Google Maps, untuk anda yang suka traveling dan wisata kuliner

Sore itu seperti hari-hari lainnya, saya dijemput oleh ibu saya sepulangnya dari tempat kerja. Karena cuaca sangat mendung dan menimbang perjalanan kami yang lumayan jauh, maka kami putuskan untuk menepi di sebuah warung Bakmi Jawa di bilangan Jalan Binamarga, Cipayung. Saya pesan bakmi goreng dan ibu pesan bakmi godhok. Ketika makanan disajikan di meja dengan tampilannya yang menggoda selera ditambah penerangan temaram dan interior warung bakmi yang sangat kental nuansa Jawa, jiwa fotografer amatiran sayapun terketuque terketuk. Ambil handphone orang di tas, cari angle yang pas, atur tingkat kecerahan, daaannnn... jepret! Jadilah foto sepiring bakmi goreng yang estetis. Kemudian saya log in instagram untuk posting foto tersebut beserta location saat itu. Ketika saya search di Google maps, tidak ada tempat dengan nama yang saya maksud, akhirnya iseng saya pilih opsi "add missing place" seperti ini :

Tampilan saat akan "add missing place" di google maps

Saya diminta untuk menambahkan bebrapa informasi terkait, seperti nama tempat yang ingin saya tambahkan, alamat tempat tersebut, jam operasional, website (jika ada), nomor telepon (jika ada), serta foto dari tempat tersebut. Setelah selesai, saya mendapat pemberitahuan bahwa Google Team akan meninjau terlebih dulu tempat yang saya tambahkan. Oh ya, biarpun masih perlu ditinjau oleh Google Team, saya tetap bisa posting foto makanan tadi dengan lokasi yang saya ajukan. Keeseokan harinya, saya mendapat email dari Google bahwa tempat yang saya ajukan di maps telah dikaji, ditinjau, diterawang disetujui oleh Google Team. Google Team juga menawarkan apakah saya ingin bergabung menjadi Local Guides

Ini email dari Google.


Saya tidak langsung mengiyakan. *gerak cepat* buka browser, search dengan keywords "apa itu Local Guides" dan "keuntungan menjadi local guides di google maps" xoxo.. Dilansir dari situs www.localguidesconnect.com beberapa keuntungan menjadi local guides:



Menarik juga ya guys? Terutama jika kita sudah mencapai level 5. Google menyelenggarakan Local Guides Summit setiap tahunnya di berbagai negara, dan Google akan mengundang 150 orang local guides terpilih dari seluruh dunia untuk menghadiri acara tersebut. Jadi, teman-teman kalau traveling atau wisata kuliner, siapkan kamera untuk mengambil foto dari tempat tersebut. Kemudian cek di Google Maps, kalau memang tempatnya sudah ada maka kita bisa memberi rating dan ulasan untuk tempat tersebut. Namun jika belum ada, kesempatan besar untuk kita menambah poin dengan menambahkan tempat tersebut di Google Maps. For your info guys, poin bisa didapatkan setelah kita memberi rating dan review tentang sebuah tempat yang kita kunjungi, poin semakin besar jika saat review disertakan foto. Poin juga bisa didapatkan setelah kita menambahkan tempat baru (ini besar poinnya).
Jadi kalau teman-teman suka traveling atau wisata kuliner, boleh banget coba menjadi local guides on google maps, niat mau share informasi kepada calon suami pengunjung tentang tempat yang akan mereka kunjungi, bisa dapat reward menarik. Who knows suatu saat nanti teman-teman akan mendapat undangan pernikahan dari Google untuk menghadiri Local Guides Summit
Selamat berkontribusi :) Local Guides Summit, tunggu aku yaaaaa !

Ini layar kontribusi saya :)



3 komentar:

Assalamualaikum.. halo everyone Let me introduce myself first. My name is Fitria Lusanda and you can call me Ms Fitria or Ms Fit, as you lik...