Selasa, 17 Oktober 2017

Mengulas Korea Monthly Magazine

Assalamualaikum, baru sempat kerjain blog lagi nih, kali ini mau bahas tentang majalah. Jadi sekitar 1 tahun yang lalu, saya menyatroni mengunjungi rumah teman yang sudah seperti kakak saya sendiri. Kita berdua sama-sama terjangkit korean wave, sering sharing tentang drama, musik, sampai makanan khas negri dongeng ginseng tersebut. Lagi asyik cerita tiba-tiba dia bilang "Dek, aku punya majalah korea, bawa aja nih, soalnya aku udah ga baca"(yang terpikir saat itu adalah majalah hiburan  korea dengan rubrik k-pop dan drama, ternyata bukan). Saya bawa pulang majalah-majalah itu dengan senang hati, sampai di rumah saya tumpuk majalah-majalah itu dengan niat saya selesaikan membaca saat itu juga. Pertama lihat cover, desainnya simpel dihiasi gambar yang tidak terlalu ramai dan didominasi warna netral, seperti putih, abu-abu, atau coklat muda.


Seperti ini covernya

Buka lembar pertama, OK I see majalah ini diketik dalam bahasa Inggris untuk memudahkan para pembaca dari seluruh dunia (kebayang kan kalo diketiknya pake hangeul). Ada beberapa rubrik di dalam majalah tersebut, yaitu cover story; menceritakan tentang gambar cover.



Travel; tentang tempat-tempat wisata alam di korea (didukung foto-foto yang kalau kalian lihat, langsung ngebet mau ke korea).


People; isinya tentang orang-orang berbakat di Korea dan karya-karyanya).


  Korea&I; menceritakan tentang tempat-tempat bersejarah di Korea (dilengkapi ilustrasi).

Arts&entertainment (part1, part2); tentang seni dan dunia hiburan korea.

Korea culture in brief; tentang kebudayaan-kebudayaan Korea (ada beberapa topik di dalamnya).

Literature; tentang penulis-penulis asal Korea serta karya-karyanya yang terapresiasi maksimal.


Policy Review; mengulas kebijakan-kebijakan yang diputuskan oleh pemerintah Korea.


Global Korea; tentang events yang diadakan oleh The Korean Cultural Center di berbagai negara.

Flavor; ini rubrik favorit saya! tentang makanan khas Korea (dilengkapi resep dan foto-foto yang bikin laper!)


Learning Korean; Mengutip kalimat dari film atau lagu, lengkap dengan arti dan penjelasannya.


Keren-keren ya rubriknya. Overall, majalah ini useful untuk K-Popers, drama addict, Korean make up junkie, atau bahkan yang penasaran tentang Korea, kenapa mereka begitu digemari. Kalau menurut saya, majalah ini berperan untuk meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke Korea, karena di dalamnya, Korea digambarkan begitu menyeluruh dan menarik, mulai dari sisi tradisional sampai sisi modernnya. For your info, majalah ini didistribusikan ke subscriber di seluruh dunia for free sejak tahun 2008 oleh The Korean Culture and Information Service (KOCIS). Teman saya mendapat majalah ini karena menang lomba yang diselenggarakan oleh Korean Cultural Center. setiap bulannya, majalah ini dikirim ke rumah teman saya tepat waktu lengkap dengan packagingnya yang rapi, lalu mereka akan migrasi ke rumah saya dengan senang hati :) Seandainya Indonesia juga menerbitkan majalah sejenis, pasti keren ya! Indonesia akan dikenal luas di mancanegara, secara kebudayaan, kerajinan, dan makanan Indonesia kan beragam banget. Atau malah Indonesia sudah menerbitkan? Teman-teman kalau tau infonya bisa share ya! Thank You.

2 komentar:

Assalamualaikum.. halo everyone Let me introduce myself first. My name is Fitria Lusanda and you can call me Ms Fitria or Ms Fit, as you lik...