Sabtu, 28 Oktober 2017

Kunjungan ke Panti Asuhan Anak Tunas Bangsa, berbagi dan melembutkan hati

Assalamualaikum .. Saya jadi kepikir nulis tentang Panti Asuhan Anak Tunas Bangsa ini karena lihat ulasan di google maps tentang panti ini, banyak yang tanya bolehkah seandainya kita berkunjung secara pribadi ke panti untuk berbagi dan sekedar bermain dengan anak-anak di sana? Boleh banget! Saya ceritain dulu ya, tanggal 5 Oktober kemarin adalah kunjungan kedua kalinya saya ke Panti Asuhan Anak Tunas Bangsa. Setiap muharram, sekolah tempat saya mengajar rutin mengunjungi panti tersebut, kami kesana untuk berbagi dengan anak-anak yang tinggal di panti. Saat itu saya sampai di panti sekitar jam 9 pagi, kemudian disambut oleh ibu bagian resepsionisnya. Waktu itu bukan hanya saya, ada juga ibu dengan dua orang anak remajanya yang lagi berkunjung. Setelah itu, kami diajak berkeliling panti. Kesan pertama saat melihat ruangan-ruangan di panti itu adalah: BERSIH, lantainya bersih, ruangannya tertata rapi, gedung, sarana dan prasarananya sangat terawat. Ruangan pertama yang kami kunjungi adalah ruang bayi, pengunjung hanya diizinkan untuk melihat bayi-bayi lucu itu melalui jendela, di dalam ruangan bayi ada perawat yang siap siaga untuk mengurus keperluan sang bayi. 


Ruang selanjutnya itu ruangan untuk anak usia kira-kira 6-12 bulan (masih bayi juga kalau menurut saya :) ), Cuma anak-anak di ruangan ini tuh yang sudah mulai tengkurap, guling-guling, berdiri gitu. Sama ya, pengunjung hanya diperbolehkan untuk lihat-lihat dari jendela. 



Selanjutnya, kita diajak ke sebuah ruangan yang mirip playroom gitu, ada playmat dan dindingnya bergambar. Di dalam ruangan ini, pengunjung boleh masuk untuk berinteraksi (main, ngobrol, bercanda, bebas!)



 Terkesan juga sih karena anak-anak ini interaktif banget, mungkin karena sering interaksi sama visitor ya? Waktu main kita juga tidak dibatasi, jadi kita bisa asyik main dengan anak-anak tanpa khawatir jam berkunjungnya habis (tapi harus pengertian juga ya, jangan main dari dzuhur sampai bedug maghrib, kasian anak-anaknya capek :) xoxo). Setelah puas main sama anak-anak, kami pamit pulang. Jalan menuju kantor panti, di bagian depan gedung, kami melewati playground untuk anak-anak asuh, playgroundnya safe dan bersih. Kemudian kami serah terima bantuan dengan ibu bagian resepsionis, dan pengunjung diberikan ucapan terimakasih berbentuk kertas dan dimasukkan dalam amplop. Oh ya, buat teman-teman yang mau berkunjung dengan jumlah rombongan yang banyak,harap konfirmasi dulu, biar nanti disesuaikan jadwalnya oleh pihak panti. Kalau untuk yang jumlah rombongannya kurang dari 10 orang, bisa langsung datang kesana. Nah segitu saja ya cerita dari saya. Yang sudah pernah berkunjung bisa share guys, buat yang belum, coba deh sekali-sekali main ke Panti Asuhan Anak Tunas Bangsa, bisa bikin kita tambah bersyukur dan tambah sayang sama orang tua kita.

2 komentar:

Assalamualaikum.. halo everyone Let me introduce myself first. My name is Fitria Lusanda and you can call me Ms Fitria or Ms Fit, as you lik...